Subscribe

Pages

Monday, February 20, 2012

Tips Aman Browsing: Proteksi Browser

Saat ini browsing kebanyakan sudah menjadi suatu hal yang penting di kehidupan sehari-hari. Namun internet penuh dengan ancaman berbahaya, mulai dari komputer terinfeksi oleh malware hingga informasi pribadi yang dicuri. Dengan tindakan melindungi browser akan memungkin kan aktifitas browsing lebih aman dan dapat mengurangi resiko hard disk dan informasi pribadi. Dibawah ini beberapa cara untuk melindungi browser untuk aktifitas browsing yang lebih aman.
  1. Update browser secara teratur
    Vendor browser secara berkala akan terus merilis update penting yang memperbaiki bug keamanan dan celah. Bahkan, banyak dari browser teratas, termasuk Google Chrome, memiliki update otomatis.

  2. Gunakan Pop-Up Blocker
    Browser internet biasanya memiliki pop-up blocker yang mencegah jendela pop-up saat browsing dan mengacaukan layar. Blocker dapat membantu mencegah malware berbahaya yang akan terinstal otomatis di komputer. Jika menggunakan aplikasi yang membutuhkan penonaktifkan pop-up blocker sementara, pastikan pop-up blocker aktif kembali setelah selesai digunakan.

  3. Aktifkan Proteksi Fraud
    Situs phishing adalah situs palsu yang sangat mirip dengan situs aslinya dan dapat memperoleh informasi pribadi seperti password dan informasi kartu kredit. Seringkali situs ini dapat mencuri data cache di komputer tanpa disadari. Untuk mencegah hal ini, aktifkan Proteksi Fraud pada browser.

  4. Install Program Terpercaya (Trusted Program)
    Hal ini sangat jelas, hanya men-download perangkat lunak atau program dari sumber terpercaya. Penelitian yang mengejutkan, banyak pengguna internet men-download program gratis dari sumber yang tidak diketahui dan secara tidak sengaja menginstal spyware atau virus sehingga merusak data di komputer. Jika tidak yakin tentang sebuah program, lakukan beberapa riset online, seperti ikut forum, mailist dan lain sebagainya.

  5. Lihat Fitur Private-Browsing
    Banyak browser internet memiliki fitur privasi yang memungkinkan untuk menghapus riwayat browsing (history) dan data pribadi. Hal ini sangat penting diperhatikan jika menggunakan komputer publik, apakah di kantor, di perpustakaan atau di laboratorium komputer. Dan fitur ini juga memungkinkan untuk menjelajahi web tanpa meninggalkan jejak situs yang dikunjungi.

  6. Cari Dukungan Enkripsi
    Gunakan browser internet yang mendukung standar enkripsi terbaru dari SSL dan TSL. Jenis enkripsi membuat sebuah link yang terenkripsi antara browser dan situs web yang dikunjungi dimana data sensitif dapat digunakan dengan aman.

1 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More