Subscribe

Pages

Thursday, September 20, 2012

Google Wallet: Dompet Elektronik pada Ponsel



Apa itu Google Wallet?
Google Wallet, sebuah layanan digital terbaru, beberapa waktu lalu diperkenalkan oleh Google. Layanan baru ini menurut Google akan membawa perubahan besar sejak beberapa ribu tahun terakhir, ketika metode pembayaran telah mengalami transformasi dari koin, uang kertas, hingga kartu plastik. Google Wallet mencoba menawarkan alternatif baru untuk memudahkan transaksi belanja Anda. CHIP akan memaparkan sekilas tentang layanan Google Wallet pada artikel ini.

Kenapa kita butuh Google Wallet?
Coba Anda perhatikan isi dompet Anda. Setidaknya ada lima buah kartu di dalamnya bahkan seringkali lebih dari itu. KTP, SIM, ATM, kartu prabayar, kartu kredit, kartu NPWN, ID card, dan lainnya. Itu kalau Anda hanya memiliki satu rekening di satu bank; bagaimana kalau beberapa rekening di berbagai bank ?
Layanan yang ditawarkan oleh Google Wallet diberikan bagi Anda agar tidak dipusingkan dengan kumpulan kartu penghuni tetap dompet Anda tersebut. Google Wallet adalah sebuah aplikasi yang menyimpan berbagai data Android dengan open commerce ecosystem. Anda tidak hanya akan menghemat tempat pada dompet, namun nantinya seluruh bukti transaksi (receipt), boarding passes, tiket, bonus poin transaksi dapat disimpan pada aplikasi ini.

Bagaimana cara menggunakan Google Wallet?
Pertama-tama Anda harus menentukan penyedia layanan kartu kredit, seperti MasterCard, Visa, atau layanan lain. Saat ini hanya Citi MasterCard dan Google Prepaid Card yang tersedia, namun nantinya tentu penyedia layanan lain akan turut serta bergabung. 
Kemudian langkah selanjutnya, Anda install aplikasi Google Wallet di ponsel Android Anda. Setelah Anda lakukan instalasi, selanjutnya setelah seluruh konfigurasi selesai dilakukan, Anda tinggal melalukan tapping ponsel Anda pada mesin pembayaran dengan teknologi NFC (Near Field Communication).
Bagi Anda yang memiliki smartphone dengan sistem operasi Android harus bersabar untuk sementara waktu, aplikasi Google Wallet baru tersedia untuk smartphone Nexus S 4G,  karena masih berada dalam tahap awal pengembangan.
Baca lebih lanjut tentang Google Wallet di sini.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More